PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN,
ADMINISTRATOR dan SUPERVISOR
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 “ Tentang Penugasan Guru Sebagai
Kepala Sekolah/Madrasah ” bahwa guru dapat diberikan tugas tambahan sebagai
kepala sekolah/madrasah untuk memimpin dan mengelola sekolah/madrasah dalam upaya
meningkatkan mutu pendidikan.
Kepala sekolah memegang peranan penting
dalam perkembangan sekolah. Oleh karena itu, ia harus memiliki jiwa
kepemimpinan untuk mengatur para guru pegawai tata usaha dan pegawai sekolah lainnya. Tetapi
belum semua kepala
sekolah mengerti maksud kepemimpinan, kualitas serta fungsi-fungsi yang harus
dijalankan oleh pemimpin pendidikan. Dalam hal ini, kepala
sekolah tidak hanya mengatur para guru saja, melainkan juga ketatausahaan
sekolah siswa, hubungan sekolah dengan masyarakat dan orang tua siswa. Tercapainya
tujuan sekolah sepenuhnya bergantung
pada bijaksana yang terapkan kepala sekolah terhadap seluruh personal sekolah.
Namun pada kenyataannya masih banyak
kepala sekolah/madrasah yang belum mampu untuk memimpin dan mengelola
sekolah/madrasah. Sehingga upaya meningkatkan mutu pendidikan,masih jauh dari
harapan..
Dalam melaksanakan fungsinya sebagai
pimpinan administrator pendidikan di sekolah, kepala sekolah harus bertanggung
jawab terhadap kelancaran pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di sekolahnya
. Fakta menunjukkan bahwa kepala sekolah belum maksimal dalam melaksanakan
fungsinya sebagai pimpinan administrator pendidikan di sekolah .
Pelaksanaan supervisi merupakan tugas
kepala sekolah untuk melakukan pengawasan terhadap guru-guru dan pegawai
sekolahnya. Namun masih ada kepala sekolah yang kurang memahami prinsip-prinsip yang digunakan dalam mengadakan kegiatan
supervisi.
Berdasarkan
latar belakang pemikiran-pemikiran di
atas , maka penulis dalam makalah ini akan
membahas mengenai hal – hal yang
berkenaan dengan fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah
sebagai pemimpin, administrator, dan supervisor pendidikan .
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana
fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah sebagai Pemimpin?
2. Bagaimana fungsi dan
tanggung jawab kepala sekolah sebagai administrator pendidikan?
3. Bagaimana
fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah sebagai supervisor
pendidikan
?
C. Tujuan Penulisan
1.
Untuk mengetahui gambaran tentang fungsi dan tanggung jawab kepala
sekolah sebagai pemimpin pendidikan.
2.
Untuk mengetahui gambaran tentang fungsi dan tanggung jawab kepala
sekolah sebagai administrator
pendidikan.
3.
Untuk mengetahui gambaran tentang fungsi dan tanggung jawab kepala
sekolah sebagai supervisor pendidikan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Tugas Kepala Sekolah
sebagai Pemimpin
Kepemimpinan
Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan
dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk itu kepala sekolah harus
mengetahui tugas-tugas yang harus ia laksanakan.
Tugas Kepala Sekolah sebagai pemimpin harus memiliki kepribadian yang kuat;
dapat dipercaya, jujur dan bertanggung jawab,memahami kondisi guru, karyawan,
dan siswa dengan baik; memiliki visi dan memahami misi sekolah, memiliki
kemampuan mengambil keputusan, dan memiliki kemampuan berkomunikasi.
Tugas
kepala sekolah sebagai pemimpin berarti kepala sekolah dalam kegiatan memimpinnya
berjalan melalui tahap kegiatan sebagai berikut:
1. Perencanaan (planning)
Perencanaan
pada dasarnya menjawab pertanyaan: apa yang harus dilakukan, bagaimana
melakukannya, di mana dilakukan, oleh siapa dan kapan dilakukan.
Kegiatan-kegiatan sekolah seperti yang telah disebutkan dimuka harus
direncanakan oleh kepala sekolah, hasilnya berupa rencana tahunan sekolah yang
akan berlaku pada tahun ajaran berikutnya.
2. Pengorganisasian (organizing)
Kepala
sekolah sebagai pemimpin bertugas untuk menjadikan kegiatan-kegiatan sekolah
untuk mencapai tujuan sekolah dapat berjalan dengan lancar. Kepala sekolah
perlu mengadakan pembagian kerja yang jelas bagi guru-guru yang menjadi anak
buahnya.
3. Pengarahan (directing)
Pengarahan
adalah kegiatan membimbing anak buah dengan jalan memberi perintah, memberi
petunjuk, mendorong semangat kerja, menegakkan disiplin, memberikan berbagai
usaha lainnya agar mereka dalam melakukan pekerjaan mengikuti arah yang
ditetapkan dalam petunjuk, peraturan atau pedoman yang telah ditetapkan.
4. Pengkoordinasian (coordinating)
Pengkoordinasian
adalah kegiatan menghubungkan orang-orang dan tugas-tugas sehingga terjalin
kesatuan atau keselarasan keputusan, kebijaksanaan, tindakan, langkah, sikap
serta tercegah dari timbulnya pertentangan, kekacauan, kekembaran (duplikasi),
kekosongan tindakan.
5. Pengawasan (controling)
Pengawasan
adalah tindakan atau kegiatan usaha agar pelaksanaan pekerjaan serta hasil
kerja sesuai dengan rencana, perintah, petunjuk atau ketentuan-ketentuan
lainnya yang telah ditetapkan.
Menurut Purwanto, ( 2004 : 65) bahwa seorang kepala sekolah sebagai pemimpin mempunyai sepuluh macam peranan, yaitu sebagai berikut :
1) Sebagai pelaksana (executive)
2.) Sebagai perencana (planner)
3) Sebagai seorang ahli (expert)
4) Mengawasi hubungan antara
anggota-anggota kelompok (contoller of internal
relationship)
5)
Mewakili kelompok (group representative)
6)
Bertindak sebagai pemberi ganjaran / pujian dan hukuman
7)
Bertindak sebagai wasit dan penengah (arbitrator and modiator)
8)
Pemegang tanggung jawab para anggota kelompoknya
9) Sebagai pencipta/memiliki cita-cita (idiologist)
10)
Bertindak sebagai ayah (father figure)
B. Kepala Sekolah sebagai Administrator
Kepala sekolah sebagai Administrator bertanggung jawab terhadap kelancaran
pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di sekolahnya. Hal tersebut mencakup
seluruh kegiatan sekolah, seperti; proses belajar-mengajar, kesiswaan,
personalia, sarana prasarana, ketatausahaan dan keuangan serta mengatur
hubungan sekolah dengan masyarakat. Selain itu juga, kepala sekolah bertanggung
jawab terhadap keadaan lingkungan sekolahnya
Dalam menjalankan fungsinya sebagai
administrator, kepala sekolah harus mampu menguasai tugas-tugasnya dan
melaksanakan tugasnya dengan baik.Untuk itu kepala sekolah harus kreatif mampu
memiliki ide-ide dan inisiatif yang menunjang perkembangan sekolah.
Berbagai
tugas yang harus dilakukan kepala sekolah
1. Membuat perencanaan
Perencanaan yang perlu dilakukan oleh kepala sekolah, diantaranya adalah
menyusun program tahunan sekolah, yang mencakup program pengajaran, kesiswaan,
kepegawaian, keuangan, dan penyediaan
fasilitas-fasilitas yang diperlukan. Perencanaan ini selanjutnya dituangkan
dalam rencana tahunan sekolah yang dijabarkan dalam dua program semester.
2. Menyusun struktur organisasi sekolah
Organisasi
memainkan peranan penting dalam fungsi administrasi karena merupakan tempat
pelaksanaan semua kegiatan administrasi. Selain itu, dilihat dari fungsinya
organisasi juga menetapkan dan menyusun hubungan kerja seluruh anggota
organisasi agar tidak terjadi tumpang tindih dalam melakukan tugasnya
masing-masing.
Penyusunan
organisasi merupakan tanggungjawab kepala sekolah sebagai administrator
pendidikan. Sebelumnya ditetapkan, penyusunan organisasi itu sebaiknya dibahas
bersama-sama dengan seluruh anggota agar hasil yang diperoleh benar-benar
merupakan kesepakatan bersama.
Selain
menyusun struktur organisasi, kepala sekolah juga bertugas untuk mendelegasikan
tugas-tugas dan wewenang kepada setiap anggota administrasi sekolah sesuai
dengan struktur organisasi yang ada.
3. Koordinator dalam organisasi
sekolah
Pengoordinasian
organisasi sekolah ini merupakan wewenang dari kepala sekolah. Dalam melakukan
pengoordinasian ini sebaiknya juga kepala sekolah kerja sama dengan berbagai
bagian dalam organisasi agar pengoordinasian yang dilakukan dapat menyelesaikan
semua hambatan dan halangan yang ada.
4.
Mengatur kepegawaian dalam organisasi
sekolah
Berbagai
tugas yang berkenaan dengan kepegawaian sepenuhnya merupakan wewenang kepala
sekolah. Dia memiliki wewenang untuk mengangkat pegawai, mempromosikannya,
menempatkan, atau menerima pegawai baru.
Pengelolaan
kepegawaian ini akan berjalan dengan baik bila kepala sekolah memperhatikan
kesinambungan antara pemberian tugas dan dengan kondisi dan kemampuan
pelaksanaannya.
C. Kepala Sekolah sebagai
Supervisor
Pelaksanaan supervisi merupakan tugas
kepala sekolah untuk melakukan pengawasan terhadap guru-guru dan pegawai
sekolahnya. Beberapa prinsip yang digunakan dalam mengadakan kegiatan
supervisi adalah :
1)
Supervisi hendaknya bersifat konstruktif dan kreatif
2) Supervisi
harus bersifat sederhana, realistis dan informasi
dalam
pelaksanaannya
3)
Supervisi harus bersifat objektif
4)
Supervisi bersifat preventif
5)
Supervisi bersifat korektif
6)
Supervisi bersifat kooperatif
7) Supervisi
harus memperhatikan kemampuan para anggota organisasi.
Apabila
prinsip-prinsip supervisi diatas diperhatikan dan benar-benar dilakukan oleh
kepala sekolah, kiranya dapat diharapkan setiap sekolah akan berangsur-angsur
maju dan berkembang sebagai alat yang benar-benar memenuhi syarat untuk
mencapai tujuan pendidikan. Akan tetapi kesanggupan dan kemampuan seorang
kepala sekolah dipengaruhi oleh berbagai faktor. Adapun beberapa faktor yang
mempengaruhi berhasil tidaknya supervisi atau cepat lambatnya hasil supervisi
itu antara lain:
·
Lingkungan
masyarakat dimana sekolah berada.
·
Besar
kecilnya sekolah yang menjadi tanggung jawab kepala sekolah.
·
Tingkatan dan jenis sekolah.
·
Keadaan
guru-guru dan pegawai-pegawai yang tersedia.
·
Kecakapan
dan keahlian kepala sekolah itu sendiri.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Kepala sekolah adalah pemimpin pendidikan yang mempunyai peranan sangat
besar dalam mengembangkan mutu pendidikan di sekolah. Kualitas kepemimpinan
kepala sekolah sangat berpengaruh terhadap terbentuknya semangat kerja, kerja
sama yang harmonis, minat terhadap perkembangan pendidikan, suasana kerja yang
menyenangkan, dan perkembangan mutu profesional diantara para guru.
Kepala sekolah sebagai Administrator bertanggung jawab terhadap kelancaran
pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di sekolahnya. Hal tersebut mencakup
seluruh kegiatan sekolah, seperti; proses belajar-mengajar, kesiswaan,
personalia, sarana prasarana, ketatausahaan dan keuangan serta mengatur
hubungan sekolah dengan masyarakat. Selain itu juga, kepala sekolah bertanggung
jawab terhadap keadaan lingkungan sekolahnya.
Kepala Sekolah sebagai Supervisor bertugas untuk melakukan pengawasan
terhadap guru-guru dan pegawai sekolahnya sehingga dapat
diharapkan setiap sekolah akan berangsur-angsur maju dan berkembang sebagai
alat yang benar-benar memenuhi syarat untuk mencapai tujuan pendidikan.
B.
Saran
Kepala
sekolah sebagai
Pemimpin
,
Administrator ,dan Supervisor, mempunyai peranan sangat besar dalam
mengembangkan mutu pendidikan di sekolah ,maka untuk itu kepala
sekolah diharapkan lebih memahami tugas dan
perannya serta bertanggung jawab terhadap kelancaran pelaksanaan
pendidikan dan pengajaran di sekolahnya.
DAFTAR PUSTAKA
Baharuddin, Yusak, 1998, Administrasi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia
Daryanto.H.M
Drs, Administrasi Pendidikan, Jakarta. Rineka Cipta. 2001
Ngalim Purwanto, Drs. dkk. 1981.
Adiministrasi Pendidikan, Jakarta:Mutiara
Permendiknas No 13 tahun 2007
tentang standar kepala sekolah /Madrasah
Permendiknas No 28 Tahun 2010 Tentang Penugasan Guru Sebagai
Kepala Sekolah/Madrasah
Peraturan Pemerintah Nomor 19
Tahun 2005 Tentang StandarNasional Pendidikan
Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
PERANAN
KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN,
ADMINISTRATOR
dan SUPERVISOR
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Rekrutmen
Calon Kepala Sekolah
Dasar Di Kabupaten Purwakarta
Disusun oleh:
Hj.
LILIS ROHAETI,S.Pd.
NIP:196103091982012005
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA KAB. PURWAKARTA
U P T D PEMBINAAN TK/SD DAN PLS KEC.CAMPAKA
SEKOLAH DASAR NEGERI CIJAYA
Kp. Paldalapan Desa Cijaya Kec.
Campaka Purwakarta Kode Pos 41181
E-mail
:sdn.cijaya.pwk@gmail.com
PEMERINTAHAN
KA2BUPATEN PURWAKARTA
DINAS PENDI PEM2013UDA DAN
KATA PENGANTAR
Segala Puji dan syukur hanya milik Alloh SWT yang senantiasa
melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan
makalah yang berjudul “Peranan Kepala
Sekolah Sebagai Pemimpin ,Administrator dan Supervisor
“. Adapun tujuan penulisan makalah ini, untuk memenuhi salah satu syarat seleksi
calon kepala sekolah SD di Kabupaten Purwakarta.
Penulis menyadari karena keterbatasan
kemampuan dan pengetahuan , maka makalah ini jauh dari sempurna. Oleh karena
itu, kritik dan saran sangat diharapkan untuk penyempurnaan penulisan makalah
selanjutnya.
Akhirnya, mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan , semoga segala upaya yang telah dilaksanakan bermanfaat dan senantiasa mendapat petunjuk dan ridho Alloh swt
Akhirnya, mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan , semoga segala upaya yang telah dilaksanakan bermanfaat dan senantiasa mendapat petunjuk dan ridho Alloh swt
.
Purwakarta , Januari 2013
Penulis
DAFTAR
ISI
Halaman
HALAMAN
JUDUL.............................................................................................i
KATA
PENGANTAR.........................................................................................ii
DAFTAR
ISI.......................................................................................................iii
BAB
I. PENDAHULUAN
A.
Latar belakang.............................................................................1
B.
Perumusan
Masalah.................................................................... .2
C.
T ujuan Penulisan ..................................................................... ..2
BAB
II. PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN,ADMINISTRATOR dan SUPERVISOR
A. Kepala Sekolah
sebagai Pemimpin.................................................3
B. Kepala
Sekolah sebagai Administrator ...........................................4
C.
Kepala Sekolah sebagai Supervisor ................................................6
BAB III. Penutup................................................................................................8
A. Kesimpulan.....................................................................................8
B. Saran...............................................................................................8
DAFTAR
PUSTAKA...........................................................................................9